Blogger templates

Minggu, 18 Maret 2012

Search Engine Part II


Lanjutan dari artikel yang terdahulu mengenai search engine yang sudah saya tulis definisinya. Akan tetapi kali ini saya akan mengupas dan membandingkan search engine lokal dengan Luar negeri.
Mungkin dari masalah kualitas memang aga timpang akan tetapi setidaknya produk lokal juga ada untuk menyaingi produk dari luar negeri. Kalah kualitas juga mungkin faktor utamanya adalah kalah dari segi keungan untuk mensuport pengembangan sebuah produknya.
3 website search engine Buatan anak bangsa atau yang beredar di lokalan :
1.    Updatebanget.com
Anda mungkin masih asing terhadap nama Web yang menggunakan search engine satu ini. Pengembang updatebanget mendesain updatebanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal. Yang berfungsi sebagai tahapan pertama updatebanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. Updatebanget mengindeks semua situs berita di Indonesia,baik dengan cakupan nasional maupun lokal atau d suatu daerah saja. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata Kunci yang di inginkan,terurut berdasarkan yang terbaru.
2.    nowGoogle
Adalah Multiple Search Engine populer dan sepertinya merupakan situs search engine buatan lokal,mencoba mencari celah untuk kalangan lokal sendiri sepertinya memang jarang. Sementara konsep yang d usung oleh nowGoogle memang sedikit berbeda dengan search engine yang ada.
nowGoogle mencoba memberikan warna baru pada portal search engine itu sendiri,mengususng nama yang sedikit mengambil dari search engine terbesar saat ini yaitu Google berharap kepopuleran nowGoogle bisa menyaingi Google itu sendiri.
3.    Nguber.com
Adalah situs search engine untuk situs-situs berbahasa Indonesia. Situs ini baru saja di upgrade menggunakan server baru dan algoritma yang baru untuk mengkategorikan hasil pencarian.

nah yang dibawah nih 5 website search engine nonlokal atau pabrikan luar negeri yang pastinya anda sudah tidak asing dengan web dibawah ini karena memang jauh lebih tenar ketimbang buatan lokal.
1.    Google.com
Siapa yang tidak kenal sama “mbah google”..?? mesin pencari yang banyak dikunjungi oleh orang yang browsing di internet, mesin pencari yang cerdas. Mesin pencari ini banyak sekali gunanya baik untuk pencarian sebuahi website, gambar, blog, berita  dan hampir semua yang anda masukan dalam kata kunci yang anda inginkan pasti ada di si “mbah google” karena memang database yang sudah banyak dan cakupannya pun tentu saja disemua dunia bukan terbatas pada data-data lokal saja.
Tak hanya itu kita bisa menyetel hasil penelusuran yang kita inginkan,mulai dari bahasa dan lainnya. Google juga berkecimpung dalam dunia periklanan,yaitu iklan online.
2.    Bing.com
Adalah situs pencarian besutan dari Microsoft,kita bisa melakukan beragam pencarian dengan mesin pencari ini,tampilan pencariannya mirip dengan google search namun isinya berbeda. Link yang berada dihalaman depan google belum tentu ada di halaman depan bing.
Saat membuka bing.com maka otomatis akan masuk ke halaman negara Indonesia.Fitur pencarian versi Indonesia belum lengkap,hanya ada web,image,news dan xRank.
3.    Yahoo.com
website yang paling sering dikunjungi di seantaro dunia maya yang mampu menyaingi google ratingnya. Hasil dari searching ternyata Yahoo itu sebuah singkatan, menurut informasi resmi dari perusahaan tersebut, Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang berarti “satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat dan hirarkis”. Dan ternyata yahoo juga selain bisa pencarian juga terdapat account email yang merupakan pesaing Gmail.
4.    Ask.com
sebuah mesin pencari yang berdiri sejak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warter di Calofornia.Situs ini dapat mencari informasi secara detail,cara kerjanya mirip Google. Kemampuan ask.com bisa menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memeliki hubungan yang relevan.Ask juga memiliki kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user.
5.    Altavista.com
mesin pencari web yang dimiliki oleh yahoo. Altavista pernah menjadi mesin pencari yang paling populer,tetapi popularitasnya turun setelah munculnya Google.Altavista merupakan mesin pencarian untuk tujuan umum dan handal.
Altavista.com merupakan salah satu veteran search engine terbesar selama bertahun-tahun sebelum search engine lainnya seperti Google,altavista.com merupakan mesin pencari yang cukup diperhitungkan. Pada masa jayanya altavista.com mampu menampilkan serangkaian informasi dari database situs lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar